Dengan salat tahajud kita sehat

DENGAN MEMBACA ALQURAN DAN HADIS

NABI MUHAMMAD SAW

ANDA BISA MENJADI SEORANG “DOKTER”

( Faiz )

 

Membaca judul ini memang akan membuat pembaca agak terperangah. Bagaimana tidak, menjadi seorang dokter akan menghabiskan sekitar 6 atau 7 tahun duduk manis di bangku universiras jurusan kedokteran dengan harus membaca banyak buku dan harus melalui  praktek praktek medis yang memerlukan banyak waktu. Dengan membaca alquran, mengerti apa yang dibaca serta melaksanakannya dengan ihlas, pembaca akan menjadi orang yang luar biasa di dalam menjalankan dhidup termasuk akan menjadi seorang “dokter” yang dengan pertolongan Allah akan mampu mengobati orang sakit bahkan penyakit yang kata dokter sulit atau tidak mungkin disembuhkan.

Dengan sarat yakin dan sabar sebuah keinginan pasti akan tercapai. Ihlas adalah ada dalam kesabaran sedangkan usaha keras ada dalam keyakinan. Seperti apa yang dikatan Dr.Moh.Sholeh bahwa ihlas adalah membersihkan perbuatan dari segala ketidakmurnian, termasuk apa yang timbul dari keinginan untuk menyenangkan diri sendiri dan mahluk lain, atau membebaskan tujuan dari selain Allah Swt, yang berperan dalam perbuatan itu. Yakinlah bahwa apa yang diperintahkan Allah tidak ada jeleknya sama sekali, bahkan apa yang disunnahkan saja penuh dengan muatan religius serta muatan psikologis yang mampu meredam segala macam stress yang konon menjadi penyebab utama timbulnya penyakit modern yang sulit disembuhkan dengan terapi biasa yang biasa dilakukan ordinary doctors. Ambillah contoh salat tahajud.

Salat Tahajud

Penulis pernah mendengar bahwa Rasulullah tidak pernah berhenti melakukan salat tahajud sampai beliau wafat. Abu Hurairah mengemukakan bahwa Rasulullah bersabda bahwa “ Salat sunnah yang utama setelah sala fardu adalah salah tahajud”. Atau dalam Alquran Allah berfirman: “ Hai orang yang berselimut(Muhammad), bangunlah ( untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya),(yaitu) seperduanya dan kurangilah dari seperdua itu sedikit,” (QS AlMuzammil [73]:1-3). “Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji,”(QS Al-iasra[17]:79).

Dan ada juga sabda Rasulullah yang memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan pembuktian sains hubungan salat tahajud dengan pengobatan bermacam macan penayakit. Beliau bersabda “Salat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan dan menghindarkan dari penyakit.(HR Tirmidzi)

Penelitian membuktikan bahwa ketenangan jiwa selalu meningkatkan daya tahan tubuh imunologik, mempermudah pernfasan, mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung dan bermacam macam penyakit lainnya. Sedangkan hati yang tidak tenang akan menimbulkan bermacam macam penyakit termasuk akan mempercepat perkembangan sel sel kanker, mengalahkan NK cell yang sebenarnya telah ada dalam tubuh.

Ketenangan dapat diperoleh dengan cara melakukan meditasi dan dengan cara releksasi. Kedua aktifitas tersebut sangat ampuh untuk memperoleh ketenangan jiwa yang sebenarnya. Sedangkan salat tahujud sudah mencakup keduanya, melakukan meditasi sekaligus melakukan releksasi. Dengan demikian, sinyal hadis Nabi Muhammad Saw di atas dengan tegas menyatakan bahwa terdapat hubungan erat antara rajinnya mengamalkan salat tahajud dan peningkatan immune system di dalam tubuh.

Dapat disimpulkan bahwa siapapun yang melakukan salat tahajud dengan niat yang tulus selain akan mendapatkan pengampunan dosa juga akan mendapatkan ketenangan jiwa, sehat lahir dan bathin. Amiiiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: